Pengenalan Perograman Java
22:04 | Author: Unknown

Pengenalan Perograman Java
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan multi platform, selain itu java juga bisa berjalan di internet, atau yang biasa disebut java applet.
Java dikembangkan oleh SUN Micro System dengan sejumlah keunggulan yang memungkinkan Java dijadikan sebagai bahasa pengembangan enterprise.
Keunggulan – keunggulan Java adalah :

  • Berbasis GUI
  • Berorientasi Objek
  • Bisa Berjalan pada aplikasi web
  • Multiplatform
  • Keamanannya sangat bagus
  • Bisa Digunakan pada aplikasi Jaringan terdistribusi
  • Multithread
Java dibuat oleh seorang insinyur di SUN Microsystem yang bernama James Gosling. James Gosling merasa perlu membuat kompiler baru , kompiler baru tersebut diberi nama OAK. Kompiler ini mirip dengan C++ tetapi dengan sejumlah pengembangan , seperti multiple inheritance, konversi tipe secara otomatis, penggunaan pointer dan managemen memori.
Pada tahun 1994, Oak diubah namanya menjadi java. Pada era ini, Java divisikan sebagai bahasa yang memiliki dukungan baik terhadap web.

Dibawah ini adalah struktur pemrograman java :
public class Hello{
public static void main(String [] args)
{
System.out.println("Hallo Java");
}
}
Pada listing program diatas akan muncul hasil jika program dijalankan
Hello Java

Baris “ public class Hello{ “ merupakan kode untuk class Public.
Pada baris tersebut kita membuat class public bernama Hello. Perhatian!!!!! nama class ini harus sama dengan nama file dimana class ini berada. Jika tidak method main tidak dapat dijalankan

Baris “ public static void main(String [] args) “ adalah kode untuk method main. Method main adalah method pada class public yang akan dipanggil pertama kali oleh JVM pada saat program dijalankan.
Output Hello Java yang muncul merupakan efek pemanggilan statement
System.out.println("Hallo Java");

This entry was posted on 22:04 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 comments:

On 30 November 2008 at 04:23 , Anonymous said...

di postingan ini, mas wahyu bilang kalo java mirip dengan C++ dari segi mana nya ya yang mirip. Tolong saya ya mas, maaf lo saya termasuk newbie di java, Thanks