Konsep Dasar TCP/IP
21:08 | Author: Unknown

Konsep Dasar TCP/IP
Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses mengirimkan data dari satu komputer ke komputer lain. Untuk dapat mengirimkan data, pada komputer harus ditambahkan alat khusus yang dikenal dengan network interface card (NIC). Jenis interface ini beragam bergantung pada media fisik yang digunakan untuk mentransfer data tersebut.

Untuk Mengrimkan data dari satu komputer ke komputer lain diperlukan suatu aturan. Untuk mengatur proses pengiriman data digunakan protokol. Protokol merupakan himpunan aturan yang mengatur komunikasi data. Protokol ini diimplementasikan dalam bentuk program komputer dan peralatan komunikasi data lainnya.
TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang di desain untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data pada Wide Area Network (WAN). TCP/IP terdiri dari sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian tertentu dari komunikasi data. Berkat prinsip ini, tugas masing-masing protokol menjadi jelas dan sederhana. Protokol yang satu tidak perlu mengetahui cara kerja protokol yang lain, sepanjang ia masih bisa saling mengirim dan menerima data.
Berkat penggunaan prinsip itu, TCP/IP menjadi protokol komunikasi data yang fleksibek. Protokol TCP/IP dapat diterapkan dengan mudah di setiap jenis komputer dan interface jaringan, karena sebagian besar isi kumpulan protokol inin tidak spesifik terhadap satu komputer atai peralata jaringan tertentu. Agar TCP/IP dapat berjalan di atas interface jaringan tertentu, hanya perlu dilakukan perubahan pada protokol yang berhubungan dengan jaringan saja.
Protokol TCP/IP terbagi dalam 5 lapisan , yaitu :









Application layer melayani pemakain untuk mengirim dan menerima data Misalnya : HTTP, SMTP, FTP, dll.
Transport layer melayani komunikasi antara dua host, Protokolnya adalah TCP(Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).
Internet Layer berfungsi menyediakan konsep routing dalam jaringan komputer yang kompleks.
Network Interface Layer berfungsi untuk proses pengiriman ke alamat yang tepat. Protokol yang digunakan adalah IP, ARP, dan ICMP.
Physical layer berfungsi untuk mengirimkan dan menerima data dari dan ke media fisik.

This entry was posted on 21:08 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: